Ujian akhir sekolah adalah ujian yang dilaksanakan mendekati kelulusan siswa. Adapaun yang dihadipi antara lain adalah Ulangan Akhir Semester 6, USBN, Ujian Praktek, UNBK dan UKK.

Ujian merupakan penentu kelulusan, utamanya adalah ujian Sekolah. Penilaian penentuk kelulusan diperoleh dari kriteria yang sudah berlaku di satuan pendidikan dan sesuai dengan Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 04 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah , antara lain :
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
2. Mengikuti Ujian akhir sekolah
3. Memiliki sikap minimal Baik (B)

Diantara keriteria tersebut, SMK Roudlotun Nasyiin mengutamakan kompetensi siswa dalam semua mata pelajaran yang ditempuh dari mulai semester 1 – 6, adapun yang lebih utama adalah membangun karakter siswa.

Untuk membangun karakter siswa dalam bidang religi, SMK Roudlotun Nasyiin mengajak siswa untuk selalu ingat terhadap Allah SWT, baik dengan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran hingga sholat berjama’ah bersama.

Setiap pagi Siswa dan pengajar di jam pertama selalu diawali dengan sholat Dhuha dan membaca surat-surat dalam Al-Qur’an dan sebelum Ujian pun siswa menyempatkan sholat Dhuha terlebih dahulu.

Dalam sholat kita akan diberikan ketenangan dalam segala urusan terutama menghadapai Ujian Nasional,

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS ar-Ra’d [13]: 28).

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
×

Hello!

Apabila ada pertanyaan silahkan WhatsApp atau kirim email ke smkronas@gmail.com

× Hubungi Kami