26/05/2024

PTK

PTK merupakan kependekan dari Penelitian Tindakan Kelas. PTK adalah sebuah metode penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas untuk meningkatkan praktik pengajaran dan pembelajaran. PTK melibatkan siklus berulang yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.

Tujuan dari PTK adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di dalam kelas melalui pemahaman yang lebih baik tentang proses pembelajaran, identifikasi masalah-masalah yang ada, dan pengembangan solusi yang tepat. Guru melakukan PTK dengan melibatkan siswa secara aktif dalam pengumpulan data, analisis, dan refleksi terhadap pembelajaran yang terjadi.

PTK dapat membantu guru untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam pengajaran mereka, menguji ide-ide baru atau strategi pengajaran, dan mengukur dampak dari perubahan yang dilakukan. Dengan demikian, PTK dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan praktik pengajaran dan pembelajaran di dalam kelas.

Berikut ini daftar PTK yang disusun oleh pengajar SMKS Roudlotun Nasyiin Beratkulon

  1. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Metode Ceramah dan Demonstrasi pada Mata Pelajaan Project IPAS sub materi Energi Kalor dan Azaz Black ( Heni Maharyanti )
  2. Pengaruh Pembelajaran Daring Atau Online Pada Peningkatan Belajar Siswa SMKS Roudlotun Nasyi’in Di Kelas 10 Tkj 3 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS)( Heni Maharyanti )
  3. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMKS Roudlotun Nasi’in Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Discovery Learning ( Norma Dewi Septian )
  4. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMKS Roudlotun Nasyiin Pada Pelajaran Projek Kreatif Dan Kewirausahaan (PKK) (Desi Kurniawati)
  5. Pembelajaran Model Project Based Learning (PJBL) dengan Mengamati Video dan PPT tentang Pembuatan Label (Desi Kurniawati)
  6. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMKS Roudlotun Nasyiin Pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Kabel Dan Nirkabel (Sulvi Winda Yanti)
  7. Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Kurangnya Kemampuan Literasi Peserta Didik (Sulvi Winda Yanti)
  8. Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran (Fikri Habibi)
  9. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMKS Roudlotun Nasyiin Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) (Fikri Habibi)
  10. Terkait Mengatasi Permasalahan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Biografi pada Peserta Didik Kelas X Teknik Komputer Jaringan (Wisnu Andhi Wardana)
  11. Peningkatan kemampuan menulis karangan berdasarkan gambar seri siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Roudlotun Nasyiin Mojokerto (Wisnu Andhi Wardana)
Home
Profil
Search
×

Hello!

Apabila ada pertanyaan silahkan WhatsApp atau kirim email ke smkronas@gmail.com

× Hubungi Kami